Kerangka Acuan Kerja
Kerangka Acuan Kerja
Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan
Halodoc
A. Latar Belakang
Kesehatan
merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari.
Selain karena agar bisa melaksanakan aktivitas sehari-hari tetapi juga dapat
tubuh kita juga menjadi bugas. Tetapi zaman sekarang, seseorang sangat sulit
untuk menjag kesehatannya karena aktivitas atau jadwal yang padat.
Selain
kesehatan, ada hal lain yang harus diperhatikan juga, yaitu teknologi
informasi. Saat ini, teknologi dapat dikatakan sebagai tolak ukur modern sebuah
kota atau kehidupan bermasyarakat. Selain menjadi tolak ukur, teknoologi
informasi juga mempermudah kehidupan seseorang.
Dengan
menggabungkan kedua hal tersebut, dapat menciptakan sebuah sistem informasi
yang dapat memudahkan kehidupan manusia untuk tetap menjaga kesehatan di tengah
aktivitas yang padat. Konsultasi secara secara langsung dengan jadwal kerja
yang hampir setiap harinya sangat memiliki banyak kekurangan, dengan teknologi
informasi hal tersebut dapat diatasi. Hal lainnya adalah ketika ingin membeli
obat atau ingin mengecek kesehatan tetapi terjebak disituasi yang tidak
memungkinkan, teknologi informasi juga dapat menangani masalah tersebut.
Dengan
kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi informasi, maka solusi semacam itu
harus diterapkan.
B. Maksud dan Tujuan
Maksud
dari Aplikasi ini ialah:
- Mengembangkan aplikasi mobile untuk
menghubungkan pelayanan medis (dokter, obat, dan uji lab) dengan pasien
secara cepat.
Tujuan
dari Aplikasi ini ialah:
- Memudahkan pasien untuk menjangkau
pelayanan medis (dokter, obat, dan uji lab) secara cepat dan flexible
dalam hal tempat.
- Memudahkan pasien untuk menghubungkan
antar pelayanan medis (dokter memberi resep dan obat bisa langsung dibeli
atau hasil uji lab yang bisa langsung disampaikan ke dokter).
- Memudahkan dokter untuk behubungan langsung dengan
pasien secara cepat dan flexible dalam hal tempat.
- Memudahkan Apotek dan Laboratorium untuk mendapatkan kostumer/pasien
C. Sasaran
Tersedianya
aplikasi mobile yang dapat menghubungkan pasien dan pelayanan medis secara
cepat dan flexible secara geografis.
D. Nama dan Organisasi
Pengguna Jasa
Halodoc
E. Sumber Pendanaan
Sumber
dana proyek:
- Investor Rp.232.200.000,00
Pengeluaran:
- Pengadaan Server Rp.
50.000.000,00
- Oracle Database Rp. 1.700.000,00
·
Tenaga Ahli Rp. 180.500.000,00
Total pengeluaran adalah Rp.
232.200.000,00
F. Lingkup, Lokasi,
Fasilitas, dan Alih Pengetahuan
1.
Lingkup kegiatan
- Menyusun dokumentasi yang diperlukan
secara lengkap meliputi :
User Requirement, User Interface, Database Security, Security Level,
Form Input / Output , Source Code.
- User Manual Aplikasi
- Mengembangkan modul-modul
aplikasi.
- Pengembangan basis data
pendukung.
- Pengadaan server.
- Testing dan evaluasi aplikasi.
2. Lokasi
Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Halodoc.
3.
Fasilitas
Oleh
pengguna jasa :
- Konsumsi
- Koneksi internet
- Perangkat keras
- Tempat penggerjaan
Oleh
penyedia jasa:
- Pelaporan kegiatan
4. Alih
Pengetahuan
Penyedia jasa akan memberikan petunjuk cara penggunaan aplikasi dan
memberikan pelatihan khusus kepada administrator untuk memenuhi kebutuhan alih
pengetahuan.
G. Metodologi
Metodologi yang digunakan adalah Software Development Life Cycle (SDLC) tipe
waterfall.
Selain
itu metodologi yang digunakan mencakup ke-7 objektif basis data, yakni :
- Kecepatan dan kemudahan (speed)
- Efisiensi ruang penyimpanan
(space)
- Keakuratan (Accuracy)
- Ketersediaan (Availability)
- Kelengkapan (Completeness)
- Keamanan (Security)
- Kebersamaan pemakaian
(Shareability)
H. Jangka Waktu Pelaksanaan
Jangka
waktu pelaksanaan kegiatan ini ± 90 hari (Sembilan puluh) sesuai dengan hari
yang ada pada kalender. Tahapan – tahapan seperti yang dijelaskan sebelumnya,
akan dilaksanakan dengan tambahan final testing untuk tes akhir yang akan
dilakukan oleh end user.
I. Kualifikasi
- Mengerti pemrograman berbasis mobile
dan web.
- Mengerti pengolahan grafis atau desain
untuk interface sistem.
- Mengerti manajemen keuangan dan
pengelolaan dokumen berupa catatan maupun daftar barang-barang.
J. Tenaga Ahli
Berdasarkan lingkup pekerjaan yang ada, maka dibutuhkan tenaga-tenaga
ahli dengan spesifikasi sebagai berikut:
Ahli Manajemen Teknologi Informasi (Pemimpin proyek/project manager), memiliki pengalaman kerja minimal 6 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S2.
Ahli Manajemen Teknologi Informasi (Pemimpin proyek/project manager), memiliki pengalaman kerja minimal 6 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S2.
- Memimpin proyek agar sesuai dengan
target.
Ahli System Analyst (2
orang), memiliki pengalaman kerja minimal 4 tahun di bidangnya dan
berpendidikan minimal S1.
- Merancang dan mengembangkan system
agar sesuai dengan tujuan dan metodologi, serta kebutuhan pengguna dan
tidak melanggar hukum yang ada.
Ahli Database Administrator
(2 orang), memiliki pengalaman kerja minimal 4 tahun di bidangnya dan
berpendidikan minimal S1.
- Merancang database sesuai dengan
metodologi yang digunakan.
Ahli Pemrograman (3 orang),
memiliki pengalaman kerja minimal 6 tahun di bidangnya dan berpendidikan
minimal S1.
- Merancang aplikasi yang sesuai dengan
kebutuhan.
Ahli Quality Assurance (2
orang), memiliki pengalaman kerja minimal 6 tahun di bidangnya dan
berpendidikan minimal S1.
- Melakukan uji kelayakan serta evaluasi
dari aplikasi yang ada.
Trainer (2 orang), memiliki pengalaman kerja
minimal 4 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S1.
·
Melakukan training dasar ke pengguna aplikasi
Dokter, memiliki praktek pribadi dan memiliki
pengalaman kerja minimal 10 tahun di bidangnya.
- Melakukan uji kelayakan serta evaluasi
dari aplikasi yang ada.
Apoteker, memiliki pengalaman
kerja minimal 8 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S1.
- Melakukan uji kelayakan serta evaluasi
dari aplikasi yang ada.
Laboran, memiliki pengalaman
kerja minimal 8 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S1.
- Melakukan uji kelayakan serta evaluasi
dari aplikasi yang ada.
K. Keluaran
- Perangkat lunak aplikasi berplatform
mobile dan web.
- Dokumen lengkap.
- Program dengan source code.
- Manual Teknis.
- SOP dan SMP.
- Instalasi aplikasi.
- Migrasi data.
- Pelatihan, pendampingan, garansi,
pemeliharaan.
L. Pelaporan
Laporan Pendahuluan, berisi :
Laporan Pendahuluan, berisi :
- Rencana kerja penyedia jasa secara menyeluruh untuk
pembangunan sistem.
- Pengalihan sumber daya untuk tahap awal pembangunan
sistem.
- Jadwal kegiatan harian.
Laporan diserahkan 1 minggu setelah serah
terima proyek.
Laporan Mingguan, berisi
:
- Aktivitas yang dilakukan masing-masing anggota
tim.
- Masalah yang dihadapi beserta solusinya.
- Tingkat kesuksesan progress.
Laporan Akhir berisi
:
- Laporan Pendahuluan.
- Laporan Mingguan.
- Dokumentasi yang terkait dengan proyek.
Demikian Kerangka Acuan Kerja ini dibuat untuk
dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan.
tujuan kurang spesifik, untuk dokter, apotek, dan lab belum ada
ReplyDeletepembiayaan gak usah spesifik
fitur bisa dispesifikkan
tenaga ahli tambahin yang berhubungan sama kesehatan
keluaran bisa dispesifikkan platformnya