Kerangka Acuan Kerja





Kerangka Acuan Kerja
Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan
Halodoc

A. Latar Belakang
     Kesehatan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain karena agar bisa melaksanakan aktivitas sehari-hari tetapi juga dapat tubuh kita juga menjadi bugas. Tetapi zaman sekarang, seseorang sangat sulit untuk menjag kesehatannya karena aktivitas atau jadwal yang padat.
     Selain kesehatan, ada hal lain yang harus diperhatikan juga, yaitu teknologi informasi. Saat ini, teknologi dapat dikatakan sebagai tolak ukur modern sebuah kota atau kehidupan bermasyarakat. Selain menjadi tolak ukur, teknoologi informasi juga mempermudah kehidupan seseorang.
     Dengan menggabungkan kedua hal tersebut, dapat menciptakan sebuah sistem informasi yang dapat memudahkan kehidupan manusia untuk tetap menjaga kesehatan di tengah aktivitas yang padat. Konsultasi secara secara langsung dengan jadwal kerja yang hampir setiap harinya sangat memiliki banyak kekurangan, dengan teknologi informasi hal tersebut dapat diatasi. Hal lainnya adalah ketika ingin membeli obat atau ingin mengecek kesehatan tetapi terjebak disituasi yang tidak memungkinkan, teknologi informasi juga dapat menangani masalah tersebut. 
     Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi informasi, maka solusi semacam itu harus diterapkan.

B. Maksud dan Tujuan
     Maksud dari Aplikasi ini ialah:
  • Mengembangkan aplikasi mobile untuk menghubungkan pelayanan medis (dokter, obat, dan uji lab) dengan pasien secara cepat. 
     Tujuan dari Aplikasi ini ialah:
  • Memudahkan pasien untuk menjangkau pelayanan medis (dokter, obat, dan uji lab) secara cepat dan flexible dalam hal tempat. 
  • Memudahkan pasien untuk menghubungkan antar pelayanan medis (dokter memberi resep dan obat bisa langsung dibeli atau hasil uji lab yang bisa langsung disampaikan ke dokter). 
  • Memudahkan dokter untuk behubungan langsung dengan pasien secara cepat dan flexible dalam hal tempat.
  • Memudahkan Apotek dan Laboratorium untuk mendapatkan kostumer/pasien
C. Sasaran
     Tersedianya aplikasi mobile yang dapat menghubungkan pasien dan pelayanan medis secara cepat dan flexible secara geografis.

D. Nama dan Organisasi Pengguna Jasa
     Halodoc

E. Sumber Pendanaan
     Sumber dana proyek: 
  • Investor Rp.232.200.000,00
Pengeluaran: 
  • Pengadaan Server Rp. 50.000.000,00 
  • Oracle Database Rp. 1.700.000,00 
·         Tenaga Ahli Rp. 180.500.000,00 
Total pengeluaran adalah Rp. 232.200.000,00

F. Lingkup, Lokasi, Fasilitas, dan Alih Pengetahuan
     1. Lingkup kegiatan 
  • Menyusun dokumentasi yang diperlukan secara lengkap meliputi : 
          User Requirement, User Interface, Database Security, Security Level, Form Input / Output , Source Code.
  • User Manual Aplikasi 
  • Mengembangkan modul-modul aplikasi. 
  • Pengembangan basis data pendukung. 
  • Pengadaan server. 
  • Testing dan evaluasi aplikasi. 
     2. Lokasi Kegiatan
          Kegiatan ini dilaksanakan di kantor Halodoc.

     3. Fasilitas
     Oleh pengguna jasa :
  • Konsumsi 
  • Koneksi internet 
  • Perangkat keras 
  • Tempat penggerjaan 
     Oleh penyedia jasa:
  • Pelaporan kegiatan 
     4. Alih Pengetahuan
          Penyedia jasa akan memberikan petunjuk cara penggunaan aplikasi dan memberikan pelatihan khusus kepada administrator untuk memenuhi kebutuhan alih pengetahuan.

G. Metodologi
      Metodologi yang digunakan adalah Software Development Life Cycle (SDLC) tipe waterfall.



     Selain itu metodologi yang digunakan mencakup ke-7 objektif basis data, yakni :
  • Kecepatan dan kemudahan (speed) 
  • Efisiensi ruang penyimpanan (space) 
  • Keakuratan (Accuracy) 
  • Ketersediaan (Availability) 
  • Kelengkapan (Completeness) 
  • Keamanan (Security)
  • Kebersamaan pemakaian (Shareability) 
H. Jangka Waktu Pelaksanaan
     Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini ± 90 hari (Sembilan puluh) sesuai dengan hari yang ada pada kalender. Tahapan – tahapan seperti yang dijelaskan sebelumnya, akan dilaksanakan dengan tambahan final testing untuk tes akhir yang akan dilakukan oleh end user.

I. Kualifikasi
  • Mengerti pemrograman berbasis mobile dan web. 
  • Mengerti pengolahan grafis atau desain untuk interface sistem. 
  • Mengerti manajemen keuangan dan pengelolaan dokumen berupa catatan maupun daftar barang-barang. 
J. Tenaga Ahli
     Berdasarkan lingkup pekerjaan yang ada, maka dibutuhkan tenaga-tenaga ahli dengan spesifikasi sebagai berikut:

Ahli Manajemen Teknologi Informasi (Pemimpin proyek/project manager), memiliki pengalaman kerja minimal 6 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S2.
  • Memimpin proyek agar sesuai dengan target. 
Ahli System Analyst (2 orang), memiliki pengalaman kerja minimal 4 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S1.
  • Merancang dan mengembangkan system agar sesuai dengan tujuan dan metodologi, serta kebutuhan pengguna dan tidak melanggar hukum yang ada. 
Ahli Database Administrator (2 orang), memiliki pengalaman kerja minimal 4 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S1.
  • Merancang database sesuai dengan metodologi yang digunakan. 
Ahli Pemrograman (3 orang), memiliki pengalaman kerja minimal 6 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S1.
  • Merancang aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. 
Ahli Quality Assurance (2 orang), memiliki pengalaman kerja minimal 6 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S1.
  • Melakukan uji kelayakan serta evaluasi dari aplikasi yang ada. 
Trainer (2 orang), memiliki pengalaman kerja minimal 4 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S1.
·         Melakukan training dasar ke pengguna aplikasi
Dokter, memiliki praktek pribadi dan memiliki pengalaman kerja minimal 10 tahun di bidangnya.
  • Melakukan uji kelayakan serta evaluasi dari aplikasi yang ada.
Apoteker, memiliki pengalaman kerja minimal 8 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S1. 
  • Melakukan uji kelayakan serta evaluasi dari aplikasi yang ada.
Laboran, memiliki pengalaman kerja minimal 8 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S1. 
  • Melakukan uji kelayakan serta evaluasi dari aplikasi yang ada.


K. Keluaran
  • Perangkat lunak aplikasi berplatform mobile dan web. 
  • Dokumen lengkap. 
  • Program dengan source code. 
  • Manual Teknis. 
  • SOP dan SMP. 
  • Instalasi aplikasi. 
  • Migrasi data. 
  • Pelatihan, pendampingan, garansi, pemeliharaan.
L. Pelaporan
     Laporan Pendahuluan, berisi : 


  • Rencana kerja penyedia jasa secara menyeluruh untuk pembangunan sistem. 
  • Pengalihan sumber daya untuk tahap awal pembangunan sistem. 
  • Jadwal kegiatan harian. 
     Laporan diserahkan 1 minggu setelah serah terima proyek.

     Laporan Mingguan, berisi : 
  • Aktivitas yang dilakukan masing-masing anggota tim. 
  • Masalah yang dihadapi beserta solusinya. 
  • Tingkat kesuksesan progress. 
     Laporan Akhir berisi : 
  • Laporan Pendahuluan. 
  • Laporan Mingguan. 
  • Dokumentasi yang terkait dengan proyek. 

Demikian Kerangka Acuan Kerja ini dibuat untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan.







Comments

  1. tujuan kurang spesifik, untuk dokter, apotek, dan lab belum ada
    pembiayaan gak usah spesifik
    fitur bisa dispesifikkan
    tenaga ahli tambahin yang berhubungan sama kesehatan
    keluaran bisa dispesifikkan platformnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Project Charter Halodoc

Proposal Proyek Halodoc